Jumat, 24 November 2017

MANFAAT MENDENGARKAN MUSIK BAGI KESEHATAN



Mendengarkan musik merupakan salah satu bentuk aktivitas yang melibatkan seluruh bagian otak. Kita biasa mendengarkan musik sambil melakukan berbagai kegiatan, seperti olahraga, memasak, mengemudi mobil, tiduran, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan jiwa, mendengarkan musik juga berguna untuk membantu koordinasi fisik, mengembalikan ingatan yang hilang serta memperbaiki kemampuan kebahasaan. Berikut beberapa manfaat musik dalam meningkatkan kesehatan.
5 Manfaat Penting Mendengarkan Musik

1. Meredakan nyeri
Musik memiliki sifat sebagai pengatur nyeri yang hebat. Musik bekerja pada sistem saraf otomatis dan dapat meringankan rasa sakit kronis serta rasa sakit pasca operasi. Bahkan, terapi musik kini digunakan di rumah sakit sebagai pengganti obat penghilang rasa sakit saat melahirkan, anestesi dan pasca-operasi.

Selain itu, musik bertindak sebagai pengalih perhatian pasien dan memberikan pasien kontrol. Musik juga memaksa tubuh untuk melepaskan endorfin untuk menetralkan rasa sakit. Sementara musik lambat/slow bermanfaat untuk melemaskan detak jantung dan pernapasan pasien.

2. Menyehatkan pembuluh darah
Tempo, intensitas dan kecepatan musik terbukti mampu mempengaruhi kinerja jantung. Musik dengan tempo tinggi dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, sedangkan musik slow menurunkan denyut jantung dan pernapasan. Pasien jantung dapat memilih musik mana yang sesuai untuk meningkatkan kesehatan jantung mereka.

3. Meningkatkan kemampuan visual, verbal dan kecerdasan
Pendidikan musik yang diberikan kepada anak-anak pada usia dini dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak, keterampilan visual dan verbal anak. Memainkan alat musik juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan IQ seseorang.

4. Menyehatkan otak dan mencegah kepikunan
Mendengarkan musik pada usia senja dapat membantu dalam mempretahankan kesehatan otak serta mencegah penuaan otak atau kepikunan.



5. Meningkatkan suasana hati
Mendengarkan musik mampu membuat otak Anda melepaskan dopamine, suatu bahan kimia yang berguna untuk membangkitkan mood Anda secara instan.

0 komentar:

Posting Komentar