Jika berbicara soal potensi usaha kreatif dalam bab ini diutamakan bahwa suatu kegiatan usaha dapat dilakukan sesuai dengan kondisi wilayah geografis suatu daerah tersebut,misalnya di daerah dataran tinggi kita bisa melakukan kegiatan usaha dengan memanfaatkan keindahan alamnya,misalnya membuka tujuan objek wisata dan juga bisa mendrikan vila penginapan yang bertujuan menyediakan tempat untuk beristirahat bagi wisatawan lokal maupun asing yang berlibur.
Namun,dalam hal
ini akan dibahas beberapa potensi usaha yang dapat kita jumpai didaerah pesisir
pantai perairan indonesia sebagai salah satu usaha untuk membantu dan
meningkatkan perekonomian negara dari sektor kemaritiman.
Indonesia
merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan jumlah pulau kurang lebih
17.204 dan memiliki luas daratan 5,8 juta km2.Indonesia juga memiliki
wilayah laut yang sangat luas, sekitar 82% wilayah indonesia adalah wilayah perairan
dengan ZEE ( Zona Ekonomi Eksklusif)
2,7 juta km2.Indonesia juga diakui secara Internasional sebagai
negara maritim yang ditetapkan dalam UNCLOS (United Nation Convention on the Law of Sea) tahun 1982.
Definisi maritim
itu sendiri menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah hal yang
berkaitan dengan laut,pelayaran dan perdagangan laut.Sedangkan dafinisi negara maritim sendiri adalah negara yang
memiliki sifat memanfaatkan lautnya untuk kesejahteraan negaranya.
Dengan cangkupan
wilayah laut yang sangat luas tersebut tentu saja Indonesia menyimpan banyak
sekali potensi bawah lautnya seperti ikan-ikan yang dapat dimanfaatkan untuk
kesejahteraan masyarakat,khususnya masyarakat daerah pesisir.Namnun potensi
laut yang sangat kaya ini belum mampu dimanfaatkan secara optimal,dan perlunya
upaya untuk meningkatkan kesadaran dalam memanfaatkan dan melestarikan hasil
laut dilakukan secara strategis.
Namun yang menjadi
pertanyaan sekarang adalah sudahkah Indonesia dari sektor pemerintah dan masyarakatnya
mengoptimalkan potensi lautnya untuk mencapai kesejahteraan? Bagaimana caranya mengelola
dan mengembangkan untuk menciptakan suatu hasil produk untuk menjadi potensi
usaha kreatif bagi masyarakat,khususya masyarakat di daerah pesisir?.Dalam hal
ini akan menarik dibahas karena memugkinkan berguna bagi masyarakat pada
umumnya dan khususnya masyarakat yang tinggal
di daerah pesisir guna menciptakan suatu hasil produk kreatif dengan
memanfaatkan potensi yang berlimpah tersebut.
Sudah selayakya
negara kepulauan terbesar di dunia,Indonesia harus memanfaatkan segala potensi
laut yang ada menjadi prioritas utama dalam pembangunan.Mengapa Indonesia belum
bisa memanfaatkan sektor maritimnya dengan baik? Karena disisi lain Indonesia
menyandang gelar negara agraris dan mengedepankan sektor tersebut daripada
sektor maritimnya.Padahal kekayaan sumber daya laut seperti ikan memiliki
peranan penting untuk menjadi pemasok protein hewani dari sektor kelautan.
Padahal jika
berbicara soal pemanfaatan hasil laut,jika seandainya dari dulu Indonesia dapat
menoptimalkan hasil laut yang ada,persoalan seperti terpuruknya kehidupan
nelayan yang semakin hari semakin terpuruk dan lebih parahnya lagi terjadi di
beberapa wilayah di Indonesia yang melakukan tindakan reklamasi oleh oknum yang
menyalahi aturan guna kepentingan individu dan kelompoknya dan tentunya semakin
merusak ekosistem laut juga menambah kesengsaraan nelayan.Apakah kondisi
tersebut bisa dikatakan baik? Dengan negara menyandang gelar maritim,namun
kehidupan masyarakat terutama daerah pesisir masih sengsara.
Berdasarkan data
dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, ada bebrapa faktor belum optimalnya
pemanfaatan sumber daya potensi laut yang sangat melimpah ini adalah lemahnya sumber
daya manusia dan teknologi dibidang kelautan dan perikanan,maka disini peran
pemerintah diharuskan melakukan tindakan konseling dan pengarahan serta
pemberdayaan masyarakat,khususnya masyarakat daerah pesisir untuk melakukan
suatu gebrakan pemanfaatan hasil laut terutama ikan menjadi potensi industri
kreatif masyarakat untuk mendorong peningkaan perekonomian masyarakat itu
sendiri.
Banyak sekali
potensi usaha kreatif masyarakat dari hasil laut perairan Indonesia,misalnya galangan
(pembuatan) kapal dan dockyard,usaha atau ndustri alat penangkapan ikan
(fishing gear) sepeti alat-alat pancing, tali tambang,jaring dan usaha pada
potensi wisata bahari,gugusan wilayah kepulauan yang indah,flora dan fauna yang
beragam serta terumbu karang indah yang terdapat pada kedalaman tertentu di
berbagai daerah wilayah indoneisa yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk
membuat suatu destinasi perjalan wisata untuk para turis lokal maupun turis mancanegara
untuk lebih mengenalkan pesona keindahan laut perairan Indonesia dan menjadi
peluang usaha kreatif untuk meningkatkan perekonomian.
Namun pada
kesempatan ini yang akan ditekankan disini adalah usaha kreatif masayarakat
daerah pesisir pantai dalam memanfaatkan ikan hasil tangkapan dari laut dan
juga dari hasil budidaya tambak untuk menciptakan suatu produk yang berniali
ekonomi lebih tinggi dari hanya sekedar langsung menjual ikan hasil tangkapan
atau ikan hasil budidaya.
Seperti di daerah
pesisir seperti Wonokerto ini banyak sekali hasil laut dan budidaya ikan yang
dapat dimanfaatkan hasilnya untuk membuat suatu produk olahan guna menjadi
suatu usaha rumahan untuk mendorong peningkatan perekonomian,salah satu contohnya
adalah memanfaakan hasil tangkapan ikan bandeng,ikan tengiri,dan ikan tongkol
yang dapat diolah menjadi berbagai produk seperti sate lilit ikan yang lezat dan
berbagai macam olahan lainnya dengan bahan dasar ikan tersebut,misalnya
otak-otak ikan,bandeng presto,pempek ikan dan olahan lain yang memungkinkan
bisa menjadi suatu potensi usaha kreaif masyarakat dari hasil yang diberikan
perairan laut Indonesia.
Sebagai contoh
adalah olahan Bandeng Meteng khas dari Pecakaran berikut ini,karena banyaknya
hasil panen ikan bandeng pada saat panen raya,sehingga harga ikan bandeng
menjadi lebih murah per kilogramnya menjadikan penjual bandeng melakukan sebuah
inovasi dan kreatifitas mengolah ikan bandeng menjadi suatu produk makanan yang
mempunyai nilai ekonomi lebih tinggi, dari harga 27 ribu per kilogram menjadi
70 ribu per kilogram.
Jadi,dalam berbicara membahas suatu
potensi usaha kreatif yang terdapat di suatu daerah di indonesia,hal yang harusnya
diperhatikan adalah masyarakat harus mengetahui terlebih dahulu letak geografis
tempat tinggal dan peluang atau potensi apa yang sangat memungkinkan di
daerahnya yang akan dijadikan suatu kegiatan usaha industri kreatif.Seperti
halnya contoh olahan bandeng diatas merupakan buah dari inovasi dan kreatifitas
dan dapat menjadikan sebuah masalah menjadi peulang bisnis.
Setelah itu,peran pemerintah guna
memajukan perekonomian seharusnya juga melihat suatu potensi yang ada
diberbagai daerah dan segera melakukan suatu kegiatan penyuluhan,pengarahan,pembelajaran
hingga pemberdayaan sumber daya manusia kepada setiap daerah yang memiliki
taraf SDM masih rendah,supaya setelah dilakukan kegiatan
tersebut masyarakat bisa lebih mengerti dan dapat mengoptimalkan potensi disetiap
daerahnya masing-masing untuk meningkatkan perekonomian dan membantu
pembangunan ekonomi negara dari sektor manapun terutama dari sektor maritim
yang harus selalu ditingkatkan lagi,karena pada data dan faktanya wilayah Indoneisa
yang memiliki sumber daya yang kaya dan potensi-potensi yang ada di setiap
daerah seharusya bisa lebih dioptimalkan lagi dari yang sebelmunya,agar
Indonesia lebih makmur dikemudian hari.
0 komentar:
Posting Komentar